Bakti Sosial Dalam Memperingati ”Hari Ikan Nasional”

Hari Ikan Nasional atau Harkannas yang diperingati setiap tahun pada tanggal 21 November, yang pertama kali ditetapkan oleh Presiden ke-3 yaitu Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 24 Januari 2014. Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki potensi perikanan yang sangat baik sehingga perlu adanya pemanfaatan secara optimal. Hal ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam mendukung ketahan pangan dan gizi serta masyarakat Indonesia dapat mengetahui pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein berkualitas tinggi. Penetapan Hari Ikan Nasional dilakukan untuk menunjukkan bahwa potensi perikanan yang ada di Indonesia harus dapat di lakukan secara optimal namun tetap menjaga kelestarian alam.

Mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Fisheries Technology Universitas PGRI Banyuwangi (HIMARIESTECH) mengadakan kegiatan yang bertema “Bakti Sosial dalam memperingati Hari Ikan Nasional”, dimana kegiatan tersebut dikemas dengan membagikan makanan dengan lauk utama yaitu ikan. Tahun ini Indonesia sedang menghadapi pandemic Covid-19, sehingga dalam kegiatan ini bertujuan untuk dijadikan suatu sosialisasi bagi seluruh kalangan agar dapat mengkonsumsi ikan dengan segala manfaat didalamnya, membantu masyarakat terdampak Covid-19 dengan berbagi makanan, serta mampu menumbuhkan jiwa sadar akan berbagi antar sesama. Kegiatan dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah di anjurkan oleh pemerintah Indonesia. Kegaiatan ini dilaksanakan
di dua tempat yaitu bertempat di Desa Kluncing Banyuwangi dan Masjid Universitas PGRI Banyuwangi. Agenda kegiatan dilakukan oleh HIMARIESTECH dengan adik-adik dari TK Desa Kluncing yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan-sambutan dari Kepala Desa Kluncing dan Kepala Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, serta terdapat games dan kuis berhadiah, dan di akhiri dengan membagikan makanan.

Memperingati Hari Ikan Nasional dengan membagikan makanan ikan pada kondisi Covid-19 yang kini dihadapi akan memberikan pengetahuan serta wawasan bagi masyarakat bahwa pentingnya menjaga kesehatan diri seperti salah satunya yaitu menjaga makanan yang akan dikonsumsi, dengan mengkonsumsi ikan yang kaya akan protein dan kandungan lainnya maka akan memperkuat kekebalan tubuh serta jauh dari penyebaran virus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *